SAMPOERNA ACADEMY HADIRKAN BUKU CERITA BERKUALITAS KARYA KREATIVITAS SISWA

(Dari kiri ke kanan) Lafizha Naurah Farraige dari Sampoerna Academy Sentul, Emma Botha, dari Sampoerna Academy L’Avenue, Adelina Holmes selaku Principal of Sampoerna Academy Pakuwon Indah Campus, Kikie Randini selaku GM Marketing TEEG Indonesia (Timezone & Play ‘N’ Learn, Mary Jane Principal of Sampoerna Academy BSD, Claire Nikolyn Anyana dari Sampoerna Academy BSD). Para siswa Sampoerna Academy mempersembahkan peluncuran buku karya mereka berjudul “STEAM Adventures” bersama perwakilan dari Play ‘N’ Learn. FOTO: JB/Ibon

Tangerang Selatan, JaringBisnis. Siswa-siswa Sampoerna Academy meluncurkan buku STEAM Adventures untuk meningkatkan literasi anak melalui buku berkualitas dalam acara Literacy Festival 2024 di Sampoerna Academy Tangerang Selatan, Rabu (11/9).

Buku STEAM Adventures berisi kumpulan cerita karya lima siswi berbakat Sampoerna Academy, di mana masing-masing cerita menggambarkan satu komponen inti dari Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics (STEAM) dengan cara yang imajinatif, praktis dan menyoroti kehidupan sehari-hari.

Principal of Sampoerna Academy Pakuwon Indah Campus Adelina Holmes mengungkapkan “Literacy Festival yang kami selenggarakan setiap tahunnya merupakan bukti komitmen Sampoerna Academy yang secara konsisten menyediakan pendidikan kelas dunia sekaligus pembelajaran STEAM di Indonesia.

Tahun ini, kami mengapresiasi kreativitas siswa dengan meluncurkan buku ‘STEAM Adventures’ karya para siswa berbakat Sampoerna Academy yang merupakan bentuk penerapan dari pembelajaran STEAM.”

Para penulis buku tersebut adalah Lafizha Naurah Farraige dari Sampoerna Academy Sentul, Elena Jap dari Sampoerna Academy Medan, Tiffany Purwandi Sampoerna Academy Surabaya Grand Pakuwon, Emma Botha dari Sampoerna Academy L’Avenue, dan Claire Nikolyn Anyana dari Sampoerna Academy BSD

Selama proses pembuatan buku, para siswa juga turut menerapkan kompetensi 5C (Creativity, Critical Thinking, Communication, Collaboration, dan Character), sehingga membentuk karakteristiknya dengan nilai-nilai Integrity, Growth Mindset, Nobility, Innovation, Teamwork, dan Excellence (IGNITE).

Buku ‘STEAM Adventures’ ditulis dalam bahasa Inggris yang merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapabilitas dalam literasi multilingual. Hal ini menjadi penting bagi anak untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar dapat mendukung mereka untuk meraih cita-cita.

Berdasarkan penelitian dari Celedón-Pattichis, sebanyak 56 persen populasi di seluruh dunia berbicara lebih dari satu bahasa per tahun 2020.

Kemudian didukung data dari Dyvik yang dimuat di Statista, dimana bahasa Inggris menempati urutan pertama bahasa yang paling banyak digunakan di dunia per tahun 2023, dengan jumlah pengguna sebanyak 1,5 miliar, diikuti oleh bahasa Mandarin sebanyak 1,1 miliar.

Galih Sulistyaningra selaku Praktisi Pendidikan menekankan pentingnya anak mendapatkan akses literasi sejak usia dini, terutama literasi multilingual. “Literasi bukan hanya sebatas membaca tapi juga mampu memahami, mengolah, dan memanfaatkan isi bacaan maupun informasi.

Bahasa ibu tetap menjadi pondasi awal sebelum anak dikenalkan dengan kemampuan literasi dari bahasa lainnya. Tapi, ketika bisa dilakukan lebih dari satu bahasa, tentu wawasan dan pengetahuan anak akan semakin meluas, dan anak belajar dari banyak perspektif yang akan memberinya peluang dan kesempatan untuk bisa berjejaring dan berkarya secara global.”

Play ‘N’ Learn merupakan premium active edu fun destination berkonsep STEAM yang sudah dipercaya para orang tua. Adanya kolaborasi bersama Sampoerna Academy disambut hangat oleh Kikie Randini selaku GM Marketing TEEG Indonesia (Timezone & Play ‘N’ Learn).

“Kami berharap dengan kolaborasi ini adalah lebih banyak orang mengetahui tentang STEAM, terutama bagaimana cara mengimplementasikannya. Kemudian dari Play ‘N’ Learn yang menerima buku ini, kami berharap para orang tua khususnya orang tua murid dari Sampoerna Academy mengerti bahwa konsep STEAM juga dapat diimplementasikan melalui kegiatan bermain seperti yang ada di Play ‘N’ Learn.”

“Kunci komitmen kami adalah untuk memajukan pendidikan kelas dunia di Indonesia. Kami berharap buku ‘STEAM Adventures’ dapat dibaca oleh semua orang, terutama untuk anak-anak, sehingga dapat memajukan minat terhadap literasi pada anak.

Melalui peluncuran buku ini kami juga berharap dapat menginspirasi lebih banyak anak lagi untuk berkarya dan bisa memberikan manfaat bagi banyak orang,” tutup Adelina. (JB/01/Ole)